EoIP

SETTING EOIP-TUNNEL 

EoIP Tunnel (Ethernet over IP) adalah fitur MikroTik untuk membuat koneksi Ethernet virtual melalui jaringan IP, sehingga dua MikroTik yang berada di lokasi berbeda dapat seolah-olah terhubung menggunakan kabel LAN

INI ADALAH TOPOLOGI NYA 



1.  Pertama masuk ke kantor pusat terlebih dahulu ( CCR 1100, kemudian atur ip LAN kantor pusat. Masuk IP > Address > + > 

Kasih IP untuk 

interfaces ether 1 > 10.10.10.1/30 

interfaces sfp-sfpplus 12-MODEM > 192.168.12.1/24

eoip-tunnel1 > 192.168.12.2/24



2. Kemudian setting dns > masuk IP > DNS > servers 8.8.8.8 dan 1.1.1.1

3. Setelah itu setting dhcp server > masuk ke IP > dhcp server > dhcp setup > interfaces : sfp-sfpplus12-MODEM > klik next 

4. Setting eoip-tunnel > masuk ke interfaces > Eoip tunnel > + > local address isi dengan ip kita sendiri (10.10.10.1) Remote address kantor cabang (10.10.10.2) > ok

5. Setting bridge ini bisa kalian gunakan atau tidak jadi opsional.Di sini kita akan memakai bridge. Masuk bridge > Ok  > kemudian ke Ports > + > interfaces eoip-tunnel setelah itu Ok > kemudian klik + interfaces nya ether1-1.100



6. Setting ip router > masuk IP > router > General > 

Dst.Address : 0.0.0.0/0

Gateway : 192.168.12.1 

Check Gateway : Ping 

Distance : 1 

Dst.Address : 0.0.0.0/0

Gateway : 10.10.10.2

Check Gateway : Ping 

Distance : 1 



MASUK KE KANTOR CABANG 1 

1. Masuk ke interfaces untuk mengubah nama agar bisa kita kenali dengan mudah 

3.Masuk ke IP > Address > + >

ether 3-RB1100: 10.10.10.2/30 

ether4 : 182.16.99.1/24 

4.  Setting dns > IP > DNS > servers :8.8.8.8 1.1.1.1


5. dhcp server > dhcp setup > interfaces :ether4 kemudian next

time 


6.  Interfaces > eoip tunnel > + >
Local address: 10.10.10.2
Remote Address: 10.10.10.1

7. Masukkan IP EoiP tunnel di addres 
interfaces: eoip-tunnel > 192.168.12.1/24

8. Masuk ke IP > Route > + 

Dst.Address : 192.168.10.0/24

Gateway : 192.168.12.2

Check Gateway : Ping 

Distance : 1 


KEMUDIAN CEK PING DI COMMAND PROMT

Laptop kantor pusat 

- IP PUBLIK KANTOR (10.10.10.1) 

-IP KANTOR CABANG (10.10.10.2)

-GATEWAY KANTOR CABANG (172.16.99.1)


-IP LAPTOP KANTOR CABANG (172.16.99.252)


LAPTOP KANTOR CABANG 

-IP EoIP tunnel kantor cabang (192.168.12.1)

-IP laptop kantor pusat (192.168.10.240)


-IP laptop kantor pusat (10.10.10.1)

-IP laptop kantor cabang (10.10.10.2)

-gateway kantor cabang (172.16.99.1)


Modem TP-Link bisa dpt internet via EoIP Tunnel dari Router Pusat
SETTING KANTOR PUSAT
1.  Masuk address list



2. Setting eoip tunnel di interfaces,setelah itu tambah address untuk ip eoiptunnel ya 


3.Setting DNS > IP > DNS :8.8.8.8  1.1.1.1

4.Setting dhcp server untuk interfaces ether1 dan eoiptunnel 
IP > dhcp server > dhcp setup 

5. PPP > PPoE server > interfaces : eoiptunnel > default profil: default encrepsiont 

6. Secret >
Name: SMKNDLANGGU
service: pppoe
profile: default encrepsiont 
local address:192.168.40.1
Remote address: 192.168.40.2

7. IP > route > +

KEMUDIAN SETTING KANTOR CABANG 
1.IP > address > + 
interfaces : ether2
address:10.10.10.2/30

2. Setting dns > masuk IP > DNS + > 8.8.8.8 1.1.1.1

3. Setelah itu setting dhcp server > IP > dhcp server > dhcp setup interfaces:ether4

4. setting eoip-tunnel di interfaces 

5.Setting router > IP > route +

6. sambungkan jaringan ke tp link > masuk browser ketik ip tp link 192.169.0.1 masukan paswword : admin124 username:admin124 > masuk ke network > wan di sini kita coba setting dynamic ip > klik save > terus detect

7. ini mode ppoe

8. dan ini mode static ip jadi kalian harus mengisi ip,gareway,subnet mask sendiri 



Comments

Popular posts from this blog

HOSPOT

Cara Konfigurasi 3 PPPoE dan 1 Hotspot pada MikroTik, Modem, dan Router Wireless

BASIC CONFIGURASI