Routing dinamis, Routing RIP

 ROUTING RIP 

Routing dinamis adalah metode routing di mana router secara otomatis mempelajari dan memperbarui jalur menuju jaringan lain menggunakan protokol routing. Jadi, administrator tidak perlu memasukkan semua route secara manual seperti pada static routing.

RIP (Routing Information Protocol) adalah salah satu protokol routing dinamis yang menggunakan jumlah hop sebagai ukuran untuk menentukan jalur terbaik. RIP memiliki batas maksimal 15 hop, sedangkan 16 hop dianggap tidak dapat dijangkau. Router akan bertukar informasi routing dengan router tetangga secara berkala.

Contoh : 




ether1 : CCR ( router 0 ) 

ether2 : MODEM 


MASUK KE CCR 

1. Ganti identity supaya kita mudah mengenali mana router0 & router1 

Masuk ke CCR > Tools > identity

2.  Masuk ke IP > address > +

Pertama 

Address : 10.10.10.1/30 

Interfaces : sfp-plus12-ROUTER1

 Kedua 

Address : 192.168.10.1/24

Interfaces : ether1-LAPTOP 

Ketiga 

Address : 192.168.20.1/2

Interfaces : ether1-LAPTOP 



3.  setting DNS > IP > DNS > 8.8.8.8 1.1.1.1


4. Setelah itu setting dhcp server > IP > dhcp server > dhcp setup > kalian next aja 

interfaces: ether1-LAPTOP 


5. Kemudian setting RIP > routing > RIP > instance > + 

- pastikan name sudah ( rip-instance-1 )

- redistribute : ✅ connected ( Redistribute connected dicentang karena RIP perlu menyebarkan jaringan yang langsung terhubung dengan router ) 


6. Setelah setting instance lalu ke interfaces temlpates > +
Name : rip-instance-1 
Innstance : rip-instance-1 
Interfaces :  sfp-sfpplus 12-ROUTER1 & ether1-LAPTOP  
Source Address : 10.10.10.2 

7. Setalah membuat routing RIP,lalu cek di router apakah sudah DAr 

IP > router > kalau sudah DAr berarti routing di router0 berhasil


MASUK KE RB450G ( ROUTER1 ) 

1. Masuk interfaces untuk edit supaya kita mudah mengenali 

Interfaces > + > General 


2. Setalah itu IP > Address > + 

Address : 10.10.10.2/30

Interfaces : ether1-ROUTER0


Address : 172.16.99.1

Interfaces : ether2-MODEM


Address : 192.168.120.1/24

Interfaces : ether2-MODEM 


3. Setalah itu setting DNS. IP > DNS > servers : 8.8.8.8 1.1.1.1


4. Setelah itu setting dhcp server. IP > dhcp server > dhcp setup > interfaces ether2-MODEM > next


5.  Kemudian setting RIP > routing > RIP > instance > + 

- pastikan name sudah ( rip-instance-1 )

- redistribute : ✅ connected ( Redistribute connected dicentang karena RIP perlu menyebarkan jaringan yang langsung terhubung dengan router ) 

6. 
Setelah setting instance lalu ke interfaces temlpates > +
Name : rip-instance-1 
Innstance : rip-instance-1 
Interfaces :  sfp-sfpplus 12-ROUTER1 & ether1-LAPTOP  
Source Address : 10.10.10.1

7.
 Setalah membuat routing RIP,lalu cek di router apakah sudah DAr 

IP > router > kalau sudah DAr berarti routing di router0 berhasil


8. Kemudian setting tp link 
> sambungkan internet dengan tp link > masuk browser ketik 192.168.1.1 > masukkan username : admin124 paswword: admin124

9. Masuk ke network > pilih dynamic >save > detect 

10. Kemudian ke DHCP > disable dhcp server nya > save

11. Kemudian ke wireles > disable wireles security nya klik > save 


 Setalah itu coba ping di terminal ( ROUTER0 )

172.16.99.1 >  USER 1
192.168.120.1 >  USER 2
10.10.10.1 >  IP ROUTER0
10.10.10.2 >  IP ROUTER1
192.168.10.1 >  GATEWAY USER 1
192.168.20.1 > GATEWAY USER 2
172.16.99.251 > IP LAPTOP


 

kemudian ping ( ROUTER1 ) 

192.168.10.1 > Gateway USER 1 
192.168.20.1 >Gateway USER 2 
192.168.10.2 > IP USER 1
10.10.10.2 >IP Router1
10.10.10.1 >IP Router0
192.168.120.1 >Gateway USER 2 
172.16.99.1 >USER 1 






Comments

Popular posts from this blog

HOSPOT

Cara Konfigurasi 3 PPPoE dan 1 Hotspot pada MikroTik, Modem, dan Router Wireless

BASIC CONFIGURASI