Routing dinamis, Routing RIP
ROUTING RIP
Routing dinamis adalah metode routing di mana router secara otomatis mempelajari dan memperbarui jalur menuju jaringan lain menggunakan protokol routing. Jadi, administrator tidak perlu memasukkan semua route secara manual seperti pada static routing.
RIP (Routing Information Protocol) adalah salah satu protokol routing dinamis yang menggunakan jumlah hop sebagai ukuran untuk menentukan jalur terbaik. RIP memiliki batas maksimal 15 hop, sedangkan 16 hop dianggap tidak dapat dijangkau. Router akan bertukar informasi routing dengan router tetangga secara berkala.
Contoh :
ether1 : CCR ( router 0 )
ether2 : MODEM
MASUK KE CCR
1. Ganti identity supaya kita mudah mengenali mana router0 & router1
Masuk ke CCR > Tools > identity
2. Masuk ke IP > address > +
Pertama
Address : 10.10.10.1/30
Interfaces : sfp-plus12-ROUTER1
Kedua
Address : 192.168.10.1/24
Interfaces : ether1-LAPTOP
Ketiga
Address : 192.168.20.1/2
Interfaces : ether1-LAPTOP
3. setting DNS > IP > DNS > 8.8.8.8 1.1.1.1
4. Setelah itu setting dhcp server > IP > dhcp server > dhcp setup > kalian next aja
interfaces: ether1-LAPTOP
5. Kemudian setting RIP > routing > RIP > instance > +
- pastikan name sudah ( rip-instance-1 )
7. Setalah membuat routing RIP,lalu cek di router apakah sudah DAr
IP > router > kalau sudah DAr berarti routing di router0 berhasil
MASUK KE RB450G ( ROUTER1 )
1. Masuk interfaces untuk edit supaya kita mudah mengenali
Interfaces > + > General
2. Setalah itu IP > Address > +
Address : 10.10.10.2/30
Interfaces : ether1-ROUTER0
Address : 172.16.99.1
Interfaces : ether2-MODEM
Address : 192.168.120.1/24
Interfaces : ether2-MODEM
3. Setalah itu setting DNS. IP > DNS > servers : 8.8.8.8 1.1.1.1
4. Setelah itu setting dhcp server. IP > dhcp server > dhcp setup > interfaces ether2-MODEM > next
- pastikan name sudah ( rip-instance-1 )
IP > router > kalau sudah DAr berarti routing di router0 berhasil
8. Kemudian setting tp link
Setalah itu coba ping di terminal ( ROUTER0 )
192.168.120.1 > USER 2
10.10.10.1 > IP ROUTER0
10.10.10.2 > IP ROUTER1
192.168.10.1 > GATEWAY USER 1
192.168.20.1 > GATEWAY USER 2
kemudian ping ( ROUTER1 )
192.168.10.1 > Gateway USER 1192.168.10.2 > IP USER 1
10.10.10.2 >IP Router1
10.10.10.1 >IP Router0
192.168.120.1 >Gateway USER 2
172.16.99.1 >USER 1


























Comments
Post a Comment