INSTALL MIKHMON DI XAMPP
INSTALLASI APLIKASI XAMPP DI WINDOWS
1. Masuk browser,kemudian ketik : XAMPP setelah itu download di akun resmi yang 8.212./ PHP 8.2.12
INSTALL APLIKASI XAMPP DI MIKHMON
1. Setelah itu klik link mikhmon
2. Download mokhmon V3
3. Masuk aplikasi xampp, setelah itu start apache & MySQL setelah itu akan muncul running, setelah itu klik explorer
4. Setelah explorer akan muncul file,mikhmon yang sudah kita download tadi masuk kan ke file xampp. Setelah itu klik dua kali file xampp > htdocs
5. Setelah itu klik dua kali file mikhmon > setelah itu klik index.php
KONFIGURASI HOSPOT DI MIKROTIK
ether2: INTERNET
ether3: TPLINK
1. Masuk ke winbox, Setelah itu masuk ke interfaces > setting ip
IP > Address > +
192.168.27.1/24 > ether3: TPLINK
untuk ip ether2 pakai dhcp client > IP > dhcp client > interfaces nya ether2 > ok
2. Kemudian setting dns > IP > DNS > servers 8.8.8.8 1.1.1.1
Name : kelas a
Rate Limits : 10M/10M
server biarkan all
Name : NOVA
Profile : yang sudah kita setting di user profile ( kelas a )
6. Setalah ke server profiles > + >
DNS name : BUNGA.net
HTML Directory : bunga.hospot
IP > firewall > NAT > + > general
out interfaces : ether3- tplink
static : masquerade
sambungkan jaringan ke tp link, masuk ke browser > ketik 192.168.0.1 > masuk kan paswword :admin123
username : admin134
12. kemudian ke Basic settings > Wireless Metwork Name : BUNGA kemudahan enable > save
jika muncul tampilan seperti di bawah klik dua kali mikhmon file
2. Setelah muncul tampilan seperti ini masukkan
Username : mikhmon
Paswword : 1234
IP Mikrotik : 192.168.128.118 ( ini ip mikrotik yg buat kita setting di winbox )
Username : admin ( ini username name di winbox )
Paswword : 123 ( ini juga paswword di winbox )
Hospot Name : BUNGA ( ini nama yg kita setting di tp link tdi )
DNS name : BUNGA.net ( ini yg ada di winbox hospot server profile yg kita setting tdi )
Setelah itu klik save > connect
CARA SETTING PORTOFOLIO AGAR BISA DI AKSES DARI LUAR
1. Buat folder baru di file, namakan index.txt,kemudian klik kanan > edit with notepadd++ > salin coding kalian > ctrl + s untuk save > kemudian ganti nama index.txt tadi jadi index.html > setelah itu cut file index.html kemudian klik 2 kali file xampp > htdcs > buat folder baru ( portofolio) setelah itu klik folder portofolio 2 kali > ctrl v file index.hmtl tadi > new folder untuk img ( ini untuk menyimpan foto kita untuk profil di portofolio)
2. Setelah itu ke command promt untuk mengetahui ip laptop kita > ipconfig > ipv4 address itu adalah ip laptop
4. Setelah mengetahui ip laptop kita,lanjut ke xampp > start bagian apache dan MySQL > di barisan apache yang bagian bawah ports itu adalah ports kita > jadi nnti di browser ketik ip laptop dan tambahkan ports
5. Kemudian buka browser > ketik 192.168.128.159:1117/portofolio > jika bisa muncul tampilan yang sudah kita coding, tandanya sudah berhasil

































Comments
Post a Comment